SEBUAH BINTANG JATUH DI ATAS MAKAM

SEBUAH BINTANG JATUH DI ATAS MAKAM * kepada N   Sebuah bintang jatuh di atas makam, pusara ayahnya jadi bunga yang segera layu remuk   dia dihancurkan rayu menawarkan cinta palsu oleh yang berseragam sang idaman mertua yang seharusnya menjaga tapi malah justru memperkosa melecehkan menghamili tanpa persetujuan dan tanpa pertanggungjawaban lalu membuatnya membunuh benihnya sendiri berkali-kali   yang melahirkan kebudayaan dipaksa mengugurkan janinnya demi kehormatan seseorang berseragam   dari atas makam itu api amarah bergelora membakar neraka membakar surga bumipun berkobar yang maya membara   keadilan diteriakkan seragam cokelat koyak jadi warna jingga di balik rangka baja   tapi kisah ini hanya simptom saja dari suatu kengerian yang terlanjur membanal   Jangan hanya menutupi vagina dengan dalih melindunginya Lalu menyalah-nyalahkannya ketika terluka. Tapi justru kita perlu memberadabkan penis-penis

JIWA YANG GELISAH

JIWA YANG GELISAH
Catatan Perjalanan
Kumpulan Puisi
Padmo Adi

KATA PENGANTAR
Jiwa yang Gelisah merupakan catatan perjalanan batin saya yang direkam sejak tahun 2006 hingga 2013 dalam wujud puisi. Beberapa puisi yang dimuat di buku ini dimuat juga di dalam buku-buku antologi puisi seperti Agonia dan Flows Into The Sink Into The Gutter. Selain itu, kebanyakan puisi yang ada di buku ini dimuat di dalam www.sarang-kalong.blogspot.com. Dan, hampir semuanya pernah dibacakan di dalam lingkar baca puisi kafe Malam Ngopinyastro Yogyakarta dan MaSastrO (Malam Sastra Solo).

Saya tidak berharap Anda menyetujui pemikiran-pemikiran dan kesimpulan saya atas hidup yang ada di dalam puisi-puisi tersebut. Akan tetapi, saya berharap, dengan membaca buku ini Anda dapat berdialektika sembari menikmati sastra. Walaupun demikian, janganlah terlalu serius! Bacalah dengan meminum secangkir kopi. Dan, jika salah satu puisi ini menginspirasi Anda, saya akan sangat bersyukur.

Beberapa puisi adalah fiksi, akan tetapi lahir dari sebuah kejujuran renungan dan empati. Beberapa memuat mitologi. Beberapa lagi merupakan renungan filosofis-teologis. Dan, ada pula yang murni curahan hati.

Selamat menikmati.

Baca selanjutnya...
Unduh di sini (download here)

Comments